Wednesday, October 31, 2012

Tips memilih jurusan di universitas



Memilih jurusan kuliah gampang - gampang susah,banyak faktor yang harus diperhitungkan. Pemilihan secara tergesa - gesa atau hanya ikut-ikutan harus dihindari. Kenapa? agaar jangan sampai sudah mengikuti kuliah dan akhirnya stuck karena tidak dapat mengikuti pelajaran disebabkan minat yang berbeda. Salah milih jurusan bisa berabeh.. ribet urusannya. Apalagi kalo terus kita memilih untuk ganti jurusan. Buang waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Lalu gimana caranya memilih jurusan yang tepat?

1. Berdasarkan cita-cita, minat dan bakat
Tidak sedikit dari kamu yang sampai sekarang memiliki cita-cita yang berubah-ubah.. Ingin jadi ini, ingin jadi itu. Itu tidak menjadi masalah, coba aja pilih mana cita-cita kamu yang sesuai dengan minat kamu.
 
Contoh, kamu minat sama photography... ya ambil kuliah jurusan photography / art / jurnalisme. Paling tidak yang nyentuh nyentuh sama minat kamu lah. Kamu pasti enjoy dengan pelajaran-pelajaran yang kamu dapet.
 
Bisa juga jurusan yang kamu ambil di sesuaikan dengan bakat kamu. Misal, kamu berbakat dengan alat musik. Bisa saja kamu ambil jurusan musik. Atau kamu berbakat menari, maka bisa ambil jurusan tari. Tapi jangan lupa terkadang jurusan yang kita minati itu terkadang tidak sama dengan jurusan yang orang tua kamu inginkan. Jadi harus pintar-pintar kamu menjelaskan ke orang tua kamu yaa. 
 
2. Masa Depan Karir dan Pekerjaan. 
Sebelum mengambil keputusan jurusan apa yang kamu ingin ambil. Coba deh cari tahu dulu tentang karir yang bisa kamu dapatkan setelah lulus nanti. Cari tahu apa yang kamu harapkan? Uang yang banyak? Jabatan? Atau pekerjaan yang kamu enjoy?
 
Kamu bisa mencoba dengan mencari karir yang banyak di cari ketika kamu lulus nanti. Misal, karena semakin banyaknya manusia yang butuh makan, serta semakin banyaknya kebutuhan akan makanan sehat, kamu bisa memilih teknologi pangan ataupun ahli nutrisi.
 
Walaupun begitu, banyak dari perusahaan, ketika mengadakan rekrutmen dalam mencari tenaga kerja, tidak melihat dari jurusannya akan tetapi lebih ke pengalaman, keberanian, EQ, dll.
 
3. Peluang Diterima
Setiap jurusan di suatu universitas pasti memiliki daya tampungnya masing-masing. Universitas tertentu pasti memiliki jumlah penerimaan siswa baru yang terbatas dan akan diperebutkan oleh banyak orang. Jangan membuat diri kamu stres dengan target untuk kuliah di universitas tertentu dengan jurusan yang favorit. Karena kamu bisa stres apabila kehendak kamu tidak terpenuhi. Oleh karena itu buatlah daftar pilihan tempat kuliah beserta jurusannya. Agar tidak berpatok pada satu universitas saja.
 
4. Lokasi dan Biaya
Apabila kamu ingin kuliah di luar, biaya yang mesti dikeluarkan tidak lah sedikit. Bagi kamu yang mempunyai orang tua dengan ekonomi menengah ke atas, maka tidak lah menjadi masalah. Karena biaya yang nantinya harus ditanggung dapat di rencanakan dengan mudah. Akan tetapi bagi yang ekonomi bawah tapi tetap ingin sekolah / kuliah di luar negeri maka jalan keluarnya adalah beasiswa. Beasiswa biasanya di tawarkan oleh lembaga-lembaga ataupun oleh kedutaan setempat. Jalan lain adalah cari informasi dimana kuliah di negara itu tidaklah mahal dan ketika disana, coba cari kerja part time untuk biaya hidup sehari-hari.
 
 5. Informasi yang Lengkap
Carilah informasi yang banyak sebagai bahan pertimbangan anda untuk memilih jurusan. Banyak sumber yang bisa kamu gali. Yang paling mudah adalah internet ataupun orang tua, saudara, guru, psikolog pendidikan, dll. Jangan terpengaruh oleh orang lain karena kamulah yang akan menentukan masa depan kamu sendiri. Cari situs forum atau chating melalui messenger dengan orang yang dapat dipercaya. Semua informasi yang didapat dirangkum dan dijadikan bahan untuk membantu memilih jurusan.
 
6. Psikolog Pendidikan
Psikolog pendidikan bisa menjadi salah satu alternatif memilih jurusan. Karena pada dasarnya mereka akan mencoba mengerti minat dan bakat kamu.
 
 
 
 
Yang Berkaitan:

0 comments:

Post a Comment