Friday, October 26, 2012

alasan kenapa sekolah / kuliah di luar negri



Kenapa enggan sekolah di luar negeri? Padahal banyak hal positif yang bisa kita peroleh ketika sekolah di luar negeri. Dengan menempuh studi di luar negeri bisa menjadi salah satu titik penting dalam pengalamanmu sebagai pelajar. Kecuali kamu berencana bekerja di negeri asing, berapa sering kamu mendapat kesempatan untuk tinggal di negeri orang? Seberapa sering kamu mendapatkan kesempatan untuk merasakan pengalaman langsung dari berbagai stereotipe yang kita buat tentang negara lain, atau sebaliknya?

Setidaknya ada beberapa alasan mengapa kamu harus sekolah di luar negeri. seperti dilansir Surviving College, juga ditambah dari pengalaman-pengalaman selama kuliah di luar:

1. Belajar bahasa asing lebih cepat ketimbang di kelas
Hal ini bisa terjadi, tentu saja jika kamu membuka dirimu untuk terlibat dalam pengalaman belajar bahasa. Kamu akan dikelilingi oleh berbagai bahasa asing dalam kehidupan sehari-hari, melihat, mendengar, dan berusaha menggunakannya dalam konteks yang tepat. Ketika "dipaksa" memesan makanan, menelepon taksi, bahkan meminta bus untuk berhenti di tempatmu menuntut ilmu, maka kondisi itu akan membantumu dengan perbendaharaan frase yang penting dalam kelangsungan hidup sehari-hari.

2. Berteman dengan orang dari berbagai negara
Kamu akan bertemu dengan mahasiswa asli yang dapat menghubungkanmu dengan tempat tinggal barumu. Di saat yang sama, kamu juga akan bertemu dan berteman dengan pelajar internasional yang juga mengalami gegar budaya sepertimu. Karena kamu akan mengalami semua hal ini bersama-sama, maka kalian akan menjadi sahabat dekat dengan cepat. Dan ini adalah perasaan yang indah.

3. Kesempatan bepergian murah
Ketika di luar negeri, kamu akan berkesempatan bepergian ke berbagai negara dengan harga cukup murah. Misalnya jika kamu kuliah di Inggris, kamu dapat mengunjungi berbagai negara di Eropa.

4. Belajar langsung tentang budaya
Apakah pelajaran budaya yang kamu dapatkan di kelas terbukti benar? Kamu bisa mengobservasi semua stereotipe dan kesalahpahaman budaya selama masa tinggalmu di negara asing. Perlu kamu ingat, budaya tidak hanya tentang makanan, lagu, atau pakaian khas negara tertentu. Budaya juga termasuk kepercayaan dan nilai-nilai hidup yang dipegang para masyarakat asli suatu negara

5. Mendapat perspektif baru tentang negaramu
Kita tahu banyak stereotipe tentang orang-orang asing, namun apa yang sebenarnya mereka pikirkan tentang kita? Kamu bisa mendapatkan pandangan, baik positif maupun negatif, tentang Tanah Air dari para pelajar internasional di kampusmu. Dan kesempatan ini mungkin akan memberimu kesempatan untuk mewakili negaramu secara baik, dan menanggapi generalisasi yang mereka tetapkan atasmu.

6. Terbebas dari rutinitas
Jika kamu termasuk pelajar yang sangat aktif di sekolah / kampus, terlibat dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler, maka kamu akan terbiasa dengan jadwal yang padat. Pertemuan kelompok, kuliah penuh, proyek klub, kerja paruh waktu, dan magang menyibukkanmu setiap hari. Selalu ada alasan mengapa kamu berpikir semua sistem itu akan berantakan ketika kamu tidak hadir. Tetapi kamu harus tetap menjaga pemikiran ini: seseorang akan selalu ada di sana ketika kamu tidak ada. Kamu tidak perlu mengorbankan hidupmu hanya karena kamu khawatir semua akan berantakan tanpa kehadiranmu. Kamu bisa mencoba sebuah pengalaman satu semester tanpa kekhawatiran, tanpa kewajiban.

7. Kesempatan belajar tentang dirimu
Ketika kamu berada di dunia yang benar-benar beda, kamu akan punya kesempatan untuk memikirkan ulang semua kepercayaan dan cara pandangmu, termasuk nilai-nilai yang kamu anut. Kamu dapat memilih untuk menyambut konsep dan persepsi baru karena kamu akan berkesempatan mempelajari banyak hal baru.

8. Kamu dapat mengeksplorasi warisanmu
Sebagian dari kita mungkin memiliki kakek nenek dari negara tempat kita menuntut ilmu. Ketika kamu merasakan pengalaman budaya di tempat keluargamu dibesarkan, hal itu akan memberimu pemahaman baru tentang siapa mereka. Pengalaman ini juga akan membuatmu mengeksplorasi berbagai hal yang telah menjadi bagian dari dirimu, yang nantinya akan membantumu mengembangkan identitas individumu.

9. Meningkatkan nilai jual di resumemu
Sekolah atau kuliah di luar negeri tidak hanya akan meningkatkan nilai jual akademis dalam resume atau curiculum vitaemu (CV). Pengalamanmu berinteraksi dengan orang dari berbagai negara akan memberi nilai tambah juga di mata para perekrut karyawan.

10. Meningkatkan nilai gelar akademikmu
Kamu dapat mempelajari bagaimana kondisi budaya yang berbeda dapat mempengaruhi konsentrasimu belajar, berdiskusi, dan berpikir. Seringkali, kampusmu di luar negeri akan memberi kesempatan di mata-mata kuliah tertentu yang tidak bisa kamu ambil di Tanah Air. Kesempatan ini akan membantumu menambahkan perspektif internasional dalam studimu, entah kamu mendalami linguistik, literatur, bisnis, ataupun teknik.

11. Menumbuhkan rasa nasionalisme
Kamu akan menyadari pepatah "lebih baik hujan batu di negeri orang daripada hujan emas di negeri orang" ada benarnya. Sebaik-baiknya negara yang kamu tuju, semodern-modernnya negara tersebut, tetep kamu akan merindukan negara tercinta. Seenak - enaknya makanan lokal di negara kamu tuju, tetep saja tidak ada gado-gado, rendang ataupun warung emperan yang menyediakan nasi kucing di pinggir jalan.

12. Tambah mandiri
Ketika kamu kuliah di luar negeri, kamu dituntut untuk mandiri. Yaaaa kali gitu, temen-temen kamu yang lain laundry sendiri, beli makan sendiri, apa-apa sendiri, trus kamu-kamu yang masih manja, nyuruh mereka melakukan pekerjaan-pekerjaan itu? Pembantu di sana tidak ada. kalau pun ada mungkin mahal. Alhasil kamu harus belajar melakukan apa-apa sendiri. Karenanya ketika kamu kuliah di luar negeri kamu akan dituntut untuk mandiri.

0 comments:

Post a Comment